Jan 14, 2020

Peta Perjalanan

Materi selanjutnya dalam kuliah online Bunda Cekatan adalah menyusun peta konsep. Peta ini yang nantinya akan mengawal perjalanan menuju ke tujuan. Tujuan ditetapkan secara individual yang disesuaikan dengan urgensi masing-masing. Karena ini merupakan merdeka belajar, makanya jalannya pun kita yang tentukan, mau lewat yang mana dulu, mau lurus belok atau bahkan balik kanan lagi, kita yang tentukan.

Peta konsep ini terlihat mudah, tapi ternyata membutuhkan pemikiran khusus yang benar-benar penuh pertimbangan. Terdapat langkah-langkah yang harus ditempuh sehingga harus hati-hati dan cermat dalam membuat peta agar kita tidak salah jalan. Pada akhirnya dari empat keterampilan, dipilih dua yang dimasukkan dalam proyek Be a positive & productive Mom!

Peta konsep Be A Prositive & Productive Mom

Dua konsep yang disusun dalam proyek ini adalah

Menejemen Waktu
Keterampilan ini sudah sangat penting untuk segera dikuasai. Saya merasa sangat keteteran soal pembagian waktu. Sering juga merasa ada banyak waktu yang terbuang sia-sia, tidak produktif. Harapannya saya dapat memasukkan aktivitas-aktivitas tambahan seperti membaca dan menulis sehingga menjadi semakin produktif. Ada beberapa cabang dari keterampilan ini antara lain.

  • Aspek menejemen waktu, bercabang menjadi menetapkan tujuan, mengetahui skala prioritas, tahu cara menetapkan jadwal, dan paham tentang sikap-sikap yang harus ditumbuhkan (tegas, tidak menunda, maksimakan waktu)
  • Pengelolaan. Pengelolaan termasuk implementasinya dalam kehidupan sehari-hari. Pada poin ini bercabang menjadi menetapkan list kegiatan, pengorganisasian waktu (menyusun jadwal harian), pelaksanaan, dan pengawasan.
  • Evaluasi merupakan bagian pengecekan apakah kita berjalan sesuai peta dan menuju ke tujuan atau tidak. Evaluasi ini bercabang menuju evaluasi diri dan evaluasi dari keluarga.
Menejemen Emosi
Pemilihan menejemen emosi dalm proyek ini tentu terkait dengan peningkatan kebahagiaan dan positive thinking. Ketika pekerjaan menumpuk, pencapaian tidak sesuai target aktivitas harian, maka sering kali mood menjadi turun dan akhirnya merambah kemana-mana. Sehingga emosi ini perlu dikelola dengan baik. Ada beberapa cabang dari keterampilan ini antara lain.
  • Aspek bercabang menjadi mengenali emosi, mengendalikan emosi, meredakan emosi, dan mengekspresikan emosi. Ilmu-ilmu ini yang harus dipelajari terlebih dahulu sebelum dipraktikkan.
  • Anger menegement merupakan bagian dari penerapan menejemen emosi. Ada beberapa langkah seperti time out, tunggu tenang, ekspresikan marah, berpikir sebelum bicara, pikirkan solusi, dan hindari penggunaan kata saya, aku, Nda dan laian-lain yang akan membuat suasan menjadi tidak menyenangkan.
  • Evaluasi merupakan bagian pengecekan apakah kita berjalan sesuai peta dan menuju ke tujuan atau tidak. Evaluasi ini bercabang menuju evaluasi diri dan evaluasi dari keluarga.

Demikian peta perjalanan saya. Semoga bisa terlaksana dengan baik dan sampai tujuan yaitu menjadi ibu, istri, pekerja, dan perempuan bahagia yang positif dan produktif....
Aamiin.....


No comments:

Post a Comment

Terbaru

You are enough...

Ya, you are enough... Setiap orang punya hal yg diperjuangkan. Kita tidak bisa langsung menilai tentang pencapaian setiap orang hanya m...

Populer