Dec 30, 2019

Temukan Terampilmu!

Terampil berhubungan erat dengan kecakapan dan cekatan seseorang dalam melakukan sesuatu. terampil dibutuhkan untuk mendapat hasil yang maksmal. Sebelumnya apa itu terampil? Menurut kbbi online istilah terampil sebagai berikut:


terampil/te·ram·pil/ a cakap dalam menyelesaikan tugas; mampu dan cekatan;

keterampilan/ke·te·ram·pil·an/ n kecakapan untuk menyelesaikan tugas;~ bahasa Ling kecakapan seseorang untuk memakai bahasa dalam menulis, membaca, menyimak, atau berbicara; ~ tematis Ling kesanggupan pemakai bahasa untuk menanggapi secara betul stimulus lisan atau tulisan, menggunakan pola gramatikal dan kosakata secara tepat, menerjemahkan dari satu bahasa ke bahasa lain, dan sebagainya


Keterampilan akan sangat membantu untuk meningkatkan kualitas kekuatan seseorang, bisa dengan kualitas hasil pekerjaannya, kecepatan waktu, dan ketepatan pekerjaan. Tidak ada salahnya kita terlebih dahulu berpikir tentang apa keterampilan yang tepat untuk membantu kekuatan kita.

Ada 3 hal yang harus ada dalam aktivitas termasuk belajar yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik. Pada awal pembelajaran kita sudah ada pengenalan tentang adab (bagian dari afektif), kemudian melacak kekuatan kita dan belajar bareng tiap sesi (bagian dari kognitif), dan sekarang diminta untuk mencari keterampilan yang dibutuhkan (bagian dari pskomotorik). Ketiga ini harus dikombinasikan agar  dapat mencapai hasil yang maksimal.

Tugas minggu lalu, kita diminta mencari dimana kekuatan yang akan ditingkatkan (baca selengkapnya di http://www.pondokmumpuni.com/2019/12/lacak-kekuatanmu-bismillah-mulai.html). Selanjutnya kita diminta menuliskan keterampilan apa yang mendukung pengembangan kekuatan kita.

Pertama kita tuliskan semua keterampilan yang kita butuhkan untuk mengembangkan kekuatan kita. Kemudian pilah dan kelompokkan ke dalam 4 kelompok berdasarkan tingkat kepentingan dan mana yang lebih mendesak. Berikut hasil pengelompokan Nda.

Pengelompokan keterampilan

Dari berbagai keterampilan, ada 4 keterampilan yang Nda merasa itu penting dan mendesak untuk dikuasai yaitu keterampilan membaca, menulis, mengelola waktu, dan mengelola emosi. Memang terkesan sederhana. Namun bagi Nda ini cukup sulit dan perlu latihan serta jam terbang yang tinggi. Berikut gambaran telur-telurnya.

Keterampilan yang dipilih


 Kita diminta memilih 1-5 keterampilan. Nda memilih 4 keterampilan tersebut. Mengapa?

  1. Terampil membaca merupakan keterampilan yang mendasari 5 kekuatan yang ingin Nda tingkatkan. Jika hanya membaca memang mudah, tetapi membaca dengan memaknainya dan mengimplementasikannya butuh effort yang lebih besar. Ada banyak trik membaca yang baik. Nda ingin mempelajarainya sehingga waktu yang digunakan akan lebih efektif
  2. Terampil menulis. keterampilan ini mendukung 3 dari 5 kekuatan yang dipilih. Nda merupakan tipe pebelajar visual yang segala sesuatu harus ditulis supaya tidak lupa. Seperti kata pepatah, ikatlah ilmu dengan menuliskannya.
  3. Terampil mengelola waktu. Hal yang selama ini sangat sulit saya patuhi adalah waktu. Mencoba menyusun jadwal, tetapi sering kali melanggarnya. Agaknya perlu diasah dan memperbanyak jam terbang. Keterampilan ini mendasari 5 kekuatan yang ingin ditingkatkan.
  4. Terampil mengelola emosi. Jika orang lain merasa ini hal yang sederhana, tidak bagi saya. Mood adalah salah satu faktor utama untuk melakukan aktivitas. Jika mood selalu baik maka aktivitas itu akan lancar. Begitu menurut saya. Jadi harus terampil mengelola emosi untuk meningkatkan kekuatan!

Demikian jurnal untuk melacak keterampilan yang dibutuhkan. Semoga ke depannya benar-benar bisa meningkatkannya dan menjadikan kekuatan menjadi lebih terasah...



No comments:

Post a Comment

Terbaru

You are enough...

Ya, you are enough... Setiap orang punya hal yg diperjuangkan. Kita tidak bisa langsung menilai tentang pencapaian setiap orang hanya m...

Populer