Jan 20, 2019

Pejuang Literasi Hari 9




Hari ke 9

Pagi ini kami bermain ke sawah. Bertemu dengan keong. Mencari di setiap sudut sawah. Memegang dan mengelusnya. Melihat bagaimana bentuknya. Bagaimana bentuk telurnya. Menemukan keong yang masih sangat kecil dan sudah besar. Kemudian mas berkata:

“kita beli buku tentang  keong ya Nda”

Sebuah kalimat sederhana, tetapi penuh makna untuk saya….

Ayah


Judul buku: Plant Physiology
Pengarang: Lincoln Taiz et al.

The main component of the Salicylic Acid signalling pathway for SAR have been identified

sumber: Plant Physiology

The main component is nonexpressor of PR gene 1 (NPR1) in correlation with NPR3 and NPR4 during the process. In the normal situation (prior to infection) there are little SA or there is no SA in the cell. NPR1 binds to NPR4 and degraded through the 26S Proteasome. During infection, in the around infected side, SA is highly accumulated and bind to NPR3 and NPR4. NPR3-SA and NPR1 are combined with Cul3 and ubiquitinated then degraded in 26S proteasome. Therefore, the transcription of PR gene is not occurred then the cell leads to cell death (Hypersensitive response). In contrast, in the distal side and organ, SA is much lower accumulated in the cell and bind to NPR4 and not enough to bind to NPR3. So that, the NPR1 is accumulated and activates the massive transcription of PR gene. 
  
This mechanism is also describing the role of SA in the process of cell death and SAR. In distal infection site can be more resistant to second or next infection because the accumulation of PR protein in the apoplast.


Bunda


Judul: Fitrah Based Education
Pengarang: Harry Santosa

Sistem Hidup membentuk Adab

Sistem hidup adalah panduan yang Allah berikan pada manusia dalam menjalani peran personal dan peran komunalnya. Ada tiga unsur yang membentuk peradaban menurut Malik Benabi yait manusia, tanah (firtah alam), dan masa (fitrah kehidupan). Ketiga unsur ini memerlukan katalisator yaitu agama untuk melahirkan peradaban yang beradab.

Berhubungan dengan adab, karakter pada manusia temasuk nurture (dibangun) atau nature (dilahirkan)? Dalam Islam sendiri ada dua tema pusat yaitu fitrah dan adab. Keduanya harus seimbang. Sehingga karakter manusia merupakan perpaduan nature dan nurture yang seimbang. Nature yang ditumbuhkan dengan baik akan mempunyai kinerja produktif, dan nurture yang dibangun dengan baik akan memberikan peran yang beradab.

Membaca buku ini semakin jauh, maka saya merasa semakin banyak hal yang tidak saya ketahui. Semakin banyak hal yang harus saya catat dan persiapkan. Menjadi orang tua tidaklah mudah. Namun harus terus diupayakan karena anak-anak kita akan menjadi generasi penerus di muka bumi. Menyeimbangkan fitrah dan adab adalah salah sat kuncinya. Tentu dengan menggunakan hati. Hati adalah penggerak niat dan menggerakkan hal lain. Maka ada satu cara: “lekatkan hati itu pada sang Pemilik hati, yaitu Allah”.


“Ketika berhasil mendidik hati untuk menjadi penggerak amal, maka selamat beristirahat wahai guru, karena murid Anda telah menjadi manusia berkesadaran. Sungguh hati itu sangat lembut, namun sekaligus sangat liar”
-Ust Adriano Rusfi-


Mas dan Adek


Judul: Ensiklopedi anak hebat serangga
Penulis : Son Seung-hwi
Penerbit: PT. Bhiana Ilmu Populer

Serangga Kamuflase

ayo terlihat tidak jika di gambar ini ada serangga? (sumber: pixabay.com)

Serangga sangat unik, ada yang berbentuk ranting, daun, dan juga seperti batang rumput. Serangga-serangga ini lebih banyak beraktivitas di malam hari untuk makan daun. Serangga ini pintar sekali berkamuflase. Hal ini membantu serangga melindungi diri dari musuh. Serangga kamuflase ini akan diam di semak-semak, rumput, atau pohon ketika musuh mendekat. Serangga ranting sendiri sangat unik. Dia akan melepaskan kakinya kemudian pergi ketika penyamarannya diketahui musuh mirip seperti cicak yang melepaskan ekornya. Pintar ya!

Sayangnya sampai sekarang Mas dan adek belum bertemu dengan serangga jenis ini. Penasaran sekali tentunya. Beberapa kali saya pernah bertemu dengan serangga daun. Bentuknya benar-benar mirip daun. Ada yang berwarna coklat da nada yang hijau. Penyamaran sempurna jika kita tidak benar-benar fokus untuk melihatnya.

Judul: Aku Sayang Adik
Penulis : Eka Wardhana dan M. Isnaeni
Penerbit: Mizan

Aku Sayang Adik

Buku ini mencerikan tentang Ali yang sangat menyayangi adiknya. Dalam buku ini disebutkan beberapa hal yang membuat Ali sangat menyayangi adiknya. Salah satunya karena adiknya sangat menggemaskan. Banyak tingkah polah adik Ali yang membuat Ali sangat sayang adiknya.

Buku ini merupakan buku yang saya berikan ke Mas sebelum adiknya lahir. Saya berharap Mas Ozi bisa sayang pada adiknya. Alhamdulillah Mas Ozi pun sayang adiknya (tentu dibarengi dengan usaha lain ya). Ketika buku ini beralih ke adiknya, maka saya pun membaliknya. Saya jelaskan ke adik bahwa Mas Ozi sangat sayang adik. Mas selalu menemani adik karena adik sangat lucu dan menggemaskan. Jadi Mas dan Adik harus saling menyayangi ya.


Sragen, 20 Januari 2019



#harike9
#Tantangan10hari
#GameLevel5
#MenstimulasiAnakSukaMembaca
#kuliahBunSayIIP



No comments:

Post a Comment

Terbaru

Matematika logis? Aku suka!

Alhamdulillah satu lagi level telah dipelajari. Senang dapat ilmu baru. Level 6 ini adalah menstimulasi anak suka matematika. Walaupun k...

Populer