Jan 16, 2019

Pejuang Literasi Hari 5




Hari ke 5

Tiap hari anak-anak selalu mencari buku. Entah berapa kali buku itu dibuka, di bolak balik, diceritakan, ditutup, lalu nanti dibuka lagi. Senang? Tentu. Kami sepakat mengutamakan membelikan buku dahulu. Dan pernah suatu ketika kami belanja, Mas meminta mainan dan buku secara bersamaan. Saya pun bertanya, “Mas Cuma boleh pilih salah satu, buku atau mainan?”. Jawaban Mas, “buku aja”. MasyaAllah… senangnya kami atas jawaban itu.

Hari ini kami pun punya cerita seru lho! Yuk …

Ayah


Judul buku: Plant Physiology
Pengarang: Lincoln Taiz et al.

Plants Defence against pathogen

Microbial pathogens have changed some strategies to infect host plants
Some of pathogen penetrate the plant’s surface (cuticle and cell wall) directly by producing lytic enzyme. Others pathogen enter to the plants through the natural opening stomata, hydathodes or lenticels. Some of bacteria, fungus, and virus also enter to the plants cell via wounding side.

sumber: buku plant physiology

Three main attacks of pathogen:
1.   Necrotrophic pathogen: Kill the affecting plants cell by producing toxic or cell wall-degrading enzyme. The death cell is the nutrient resources for the pathogen and it is colonized by the pathogen
2.    Biotrophic pathogen: Most of host tissue remained alive after infection, and the pathogens feed on substrate that provided by the host
3.    Hemibiotrophic pathogen: initial phase is biotrophic pathogen and followed by necrotrophic stage in which the pathogen can cause extensive tissue damage

Note: every pathogen has its own mechanism to infect the host cells and every host plant has specific strategy to defence against the pathogen

Bunda


Judul: Fitrah Based Education
Pengarang: Harry Santosa

Fitrah Seksualitas

Ayah dan ibu harus selalu mendampingi putra putrinya dari lahir sampai aqilbaligh. Hal ini diharapkan mampu mengembangkan fitrah seksualitas dengan tepat. Seksualitas berbeda dengan seks. Seksualitas adalah bagaimana seseorang berpikir, merasa, bersikap sebagai lelaki sejati atau perempuan sejati. Dimana posisi ayah dan ibu?

Usia
Kelekatan
Alasan
0-2 tahun
Ibu
Ibu menyusui anak
3-6 tahun
Ayah dan ibu
Agar seimbang rasional dan emosional. Anak harus mampu membedakan mana perempuan dan laki-laki
7-10 tahun
Anak laki-laki dengan ayah
Anak perempuan dengan ibu
Anak sudah harus punya tanggung jawab moral sebagai laki-laki dan perempuan, serta mengenal apa itu seksualitas laki-laki dan perempuan
10-14 tahun
Anak laki-laki dengan ibu
Anak perempuan dengan ayah
Anak menu kedewasaan dan tertarik dengan lawan jenis. Dari kedekatan dengan ayah, anak perempuan bisa melihat sosok laki-laki ideal pertama yaitu ayahnya dan mengenal lawan jenis diperhatikan, dipahami, dan diperlakukan. Begitu juga sebaliknya untuk laki-laki.
 sumber: buku FBE

Saya pribadi merasa hal ini sangat tepat. Bagaimana anak-anak harus paham tetang perbedaan laki-laki dan perempuan agar di masa medatang mereka bisa menjadi ayah sejati. Tidak hanya tentang homoseksual, tapi juga tentang bagaimana bertindak menjadi ayah sejati. Memberikan nafkah bukan satu-satunya kewajiban laki-laki, tetapi mendidik dan mengayomi anak dan istri juga merupakan peran laki-laki. Oleh karena itu itrah seksualitas ini tidak boleh terlewat untuk anak karena menjadi penentu masa depan mereka kelak.

sumber: buku FBE

Mas dan Adek


Judul: Ensiklopedi anak hebat serangga
Penerbit: PT. Bhiana Ilmu Populer
Berbagai jenis kumbang

kumbang hewan yang kuat

Masing-masing kumbang memiliki keunikan sendiri-sendiri. Kumbang tanduk panjang memiliki tanduk yang panjang (sesuai namanya). Kumbang koksi memiliki warna yang cantik. Kumbang rusa memiliki tanduk yang mirip tanduk rusa. Sebagian kumbang memaan getah pohon, sebagian lagi memakan serangga yang lebih kecil. Sebagian besar kumbang memiliki kulit luar yang tebal dank eras. Habitat kumbang bervariasi di dalam tahan, pohon, maupun air.

Judul: aku ingin menjadi
Penerbit: anakkita
Penulis: Ary vrhaz
Mengenal pekerjaan yang menarik

buku yang menyuguhkan berbagai pekerjaan menarik

Astronot, arsitek, arkelog, dan pilot memiliki tugas masing-masing. Banyak hal menarik dari tiap-tiap pekerjaan. Astrot pergi ke luar angkasa untuk meneliti benda-benda di luar angkasa seperti planet dan meteor. Untuk menjadi astronot, kita harus memilki tubuh yang sehat, pintar ilmu fisika, matematika, computer dan astronomi. Begitu juga untuk pekerjaan menarik lainnya.

Menyuguhkan buku yang berbeda dari biasanya akan memberikan daya Tarik tersendiri bagi anak. Untuk buku ensiklopedi sendiri tampilannya berbeda dengan buku-buku sebelumnya. Baik dari segi isi maupun ilustrasi. Buku ini lebih cocok untuk anak yang sudah bisa membaca. Namun informasi yang disuguhkan benar-benar membuat mata Mas ‘berbinar’. Jadi mengapa tidak saya coba untuk menyuguhkannya.

Buku kedua yaitu aku ingin menjadi juga menarik. Tertulis usia 5-7 tahun. Buku ini bisa menjadi semacam “refresh” untuk mendapatkan gaya buku yang lain. Saya mencoba mengenalkan pada mas dan adek bahwa di dunia ini banyak sekali pekerjaan. Tidak hanya menjadi guru seperti ayah bundanya, namun banyak pekerjaan lain. Dan Mas tertarik menjadi pemadam kebakaran yang menyelamatkan kucing!

Buku ini masih akan lama dibaca karena satu pekerjaan akan kami ulas lebih banyak. Sambil kami berburu informasi di internet. Ketika membaca buku seperti ini, informasi yang ditangkap adek tentu tidak sebaik Mas. Tapi Adek bisa dengan cepat hafal gambar beserta profesinya tanpa ada yang menyuruh. Adek belajar dengan caranya sendiri.


Sragen, 16 Januari 2019


#harike5
#Tantangan10hari
#GameLevel5
#MenstimulasiAnakSukaMembaca
#kuliahBunSayIIP

No comments:

Post a Comment

Terbaru

Matematika logis? Aku suka!

Alhamdulillah satu lagi level telah dipelajari. Senang dapat ilmu baru. Level 6 ini adalah menstimulasi anak suka matematika. Walaupun k...

Populer