Jan 15, 2019

Pejuang Literasi Hari 4




Hari ke 4

Hari ini jam membaca Mas dan Adek pindah dari siang ke malam karena saya harus pergi. Membaca yang dimaksud ini adalah membaca buku ensiklopedi bersama saya. Kalau membaca (baca: menceritakan gambar) beberapa buku lain sudah dilakukan sejak pagi. Saya tidak menjadwalkan kapan ana membaca, sesuka mereka. Saya bertugas sebagai fasilitator. Namun, tetap saya tawarkan jika mereka bosan dengan aktivitas sebelumnya.

Membaca seperti kegiatan rutin menyenangkan. Satu buku dapat memberikan berbagai cerita imajinasi. Misalnya alat transportasi perahu, Mas dan Adek berimajinasi ada balapan perahu, kemarin  berimajinasi kalau itu perahu yang dapat mereka naiki bersama Upin Ipin. Seru dunia imajinasi anak. Ini yang harus dirawat dan dikembangkan agar menjadi anak kreatif.

Cerita hari ke 4 pejuang literasi sebagai berikut.

Ayah

Judul buku: Plant Physiology
Pengarang: Lincoln Taiz et al.

Signal Transduction in Eukaryotic

Signal transduction is describing how the stimulus from the outside of organism’s cell can be accepted and response back by the organism. The entrance of the stimulus (Hormones, pathogen or others) crosses a complex pathway and cascade. One of the important cascade in plants is through Mitogen Activated Protein Kinase (MAPK) cascade. A large family member of MAPK is divided into 3 big groups, MAPKKK, MAPKKK, and MAPK.

signal transduction (sumber: Plant Physiology)

Bunda

Judul: Fitrah Based Education

Pengarang: Harry Santosa


Fitrah Bakat

“setiap anak adalah unik”. Sifat unik ini melekat pada setiap pribadi anak yang akan menjadi karakter. Fitrah bakat adalah potensi yang terkait dengan misi hidup seseorang agar bermanfaat. Fitrah bakat ini tentu berelasi dengan fitrah yang lain seperti fitrah kehidupan dan komunal. Usia emas untuk mengembangkan fitrah bakat adalah 10-14 tahun. Pada usia tersebut, anak berada pada usia menjelang dewasa yang sudah paham apa yang mereka sukai dan bermanfaat. Tanda menjelang dewasa ini adalah menstruasi pada perempuan dan mimpi basah atau suara membesar pada laki-laki (Ustadz Harry Santosa dalama FBE).

Banyak hal menarik tentang fitrah bakat yang saya dapatkan dari ulasan buku ini. Janganlah kita terlalu berobsesi mencetak anak kita menjadi apa yang kita inginkan. Yang terpenting berikan anak berbagai pengalaman. Selanjutnya berikan kebebasan berpikir dan memilih mana yang mereka sukai. Biarkan mereka mengerjakan apa yang mereka sukai agar hidupnya bermakna dan bahagia.
Saya berhenti sejnak pada bagian ini. Melihat sekeliling saya. Berapa banyak orang mengeluh tentang aktivitas atau pekerjaan yang sedang dijalani sekarang ini. Mengapa mereka mengerjakan hal yang bukan bakatnya. Mengapa mereka bertahan sangat lama pada hal yang tidak mereka sukai? Jawabannya adalah karena mereka tidak mengikuti fitrah bakatnya. Fitrah bakatnya telah dicederai sejak kecil sehingga tidak berkembang.

Pada bagian ini dibagikan kisah inspiratif tentang Gillian. Seorang penari hebat yang ternyata sempat dianggap sebagai anak tidak akan berhasil dalam bersekolah. Gillian kecil disebut sebagai pengganggu dalam kegiatan belajar di kelasnya, tidak bisa berkonsentrasi dan hiperaktif. Ibunya membawa ke spesialis, dari sinilah bermula. Ibu Gillian mengikuti saran dokter spesialis untuk menyekolahkan Gillian di seklah tari. Apa hasilnya? Gillian sukses besar dalam menjalani kehidupannya. Matanya berbinar ketika ibunya membiarkan Gillian terus bergerak dalam tarian. Memberikan fasilitas sekolah tari. Bermanfaat dan bahagia. Hal menyenangkan bukan?
“setiap anak jenius. Tapi jika Anda menilai ikan dari kemampuannya memanjat pohon, maka seumur hidup dia akan menganggap dirinya bodoh…”
-Albert Einsten-


Mas dan Adek

Judul: Ensiklopedi anak hebat serangga

Penerbit: PT. Bhiana Ilmu Populer


Jangkrik, kumbang badak, dan kumbang rusa

Buku ini ditulis oleh penulis korea, dimana mereka mengalami empat musim. Tinggal di Jepang mempermudah kami memahami kapan waktu serangga-serangga ini keluar. Ini seperti mencocokkan teori dan pengalaman lapangan.

Jangkrik, kumbang badak, dan kumbang rusa merupakan hewan yang dijumpai pada musim panas dan awal musim gugur. Hewan-hewan ini memiliki masa hidup pupa lebih lama dibanding masa dewasa. Itulah sebabnya serangga ini tidak hidup lama ketika ditangkap.

metamorfosis kumbang badak (sumber: ensiklopedi anak hebat serangga)

Mas tertarik dengan berbagai fakta unik dari serangga-serangga ini. Suara “krik krik” jangkrik bukan berasal dari pita suara, melainkan dari gesekan sayap. Kumbang badak mampu mengangkat beban lebih dari 50 kali berat badannya. Membedakan kumbang badak sangat mudah. Cukup melihat ada tanduknya atau tidak. Jika tidak maka betina. Banyak hal-hal lain. Belum selasai membaca kumbang rusa, mas sudah lari mengejar adek yang bermain bola.

Judul: Mengenal Alat Transportasi

Penerbit: PT. Bhiana Ilmu Populer

Perahu motor

Buku ini mempunyai tampilan yang bagus menurut saya pribadi. Buku ini tidak hanya berisi tentang bagaimana bentuk perahu, tetapi juga menggambarkan dimana tempat perahu; apa saja yang ada di dekat perahu, siapa yang mengendarai perahu, alat transportasi lain apa lagi yang ada di sekitar perahu.



perahu motor (sumber: buku mengenal alat transportasi)

Adek mengenal banyak kosakata baru dari buku ini. Ketika kita pergi naik kapal di laut dapat melihat apa aja? Begitulah gambarannya. Buku ini memiliki tujuh tempat dengan alat transportasi khas masing-masing. Cocok untuk anak usia 2 tahun yang sedang aktif bicara.


Selamat membaca…



Sragen, 15 Januari 2019


#harike4
#Tantangan10hari
#GameLevel5
#MenstimulasiAnakSukaMembaca
#kuliahBunSayIIP

No comments:

Post a Comment

Terbaru

Serba 5 dalam Mendongeng

Sungguh, saya termasuk ibu yang tidak pandai mendongeng. Ketika challange mendongeng ini diberikan, saya masih mencari-cari bagaimana sa...

Populer