Jan 22, 2019

Pejuang Literasi Hari 11




Hari ke 11

Ayah


Judul buku: Plant Physiology
Pengarang: Lincoln Taiz et al.

Leaf Senescence may be sequential, seasonal, or stress-induced

Previous discussion was about leaf senescence based on the complexity of structure of plant.  Another classification is based on the cause and timing.

Leaf senescence can be occurred because the age of the leaf. Leaves’ age is varied in a plant. Young leaf in located near to growing tip and the oldest leaf near the base of shoot. This different causes a gradation of leaf senescence. This type is called Sequential senescence. This in one of the function of hormone and other growth factors.

Another senescence is Seasonal senescence, which is classified as the response of short daytime and cooler temperature. The gradation can be observed from one plant in sequentially different timing. For example, one plant (Populus tremula) is captured during September to October.

The last type is stress-induced senescence. This is caused by biotic or abiotic stress and can induced senescence prematurely. The senescence is occurred in the specific organ which is targeted by the stress. Among abiotic stress known to promote leaf senescence are drought, mineral deficiency, UV-B radiation, ozone, extreme temperature, highlight and darkness, while biotic stress are herbivore and pathogen infection.



Bunda


Judul: Fitrah Based Education
Pengarang: Harry Santosa

How to Start

Langkah pertama untuk memulai fitrah based education (FBE) adalah dengan tazkiyatunnafs (pensucian jiwa). Menurut Ust Harry Santosa, “ketenangan jiwa, baik sangka kepada Allah, keyakinan bahwa tidak anak yang dilahirkan buruk, akan membuat kita memiliki pensikapan yang baik dan benar terhadap pendidikan anak-anak kita”. Penting sekali kita sebagai orang tua harus melakukan tazkiyatunnafs. Dengan mensucikan jiwa, kita mengharap ridhaan Allah SWT agar mampu mendidik anak-anak kita menjadi generasi yang mantap.

Langkah selanjutnya adalah menyamakan visi dan misi keluarga. Dengan adanya kesatuan visi dan  misi, maka keluarga dapat saling membantu dan memainkan peran yang sesuai guna mencapai tujuan. Selanjutnya adalah dengan memahami framework. Kerangka kerja ata framework merupakan panduan umum pendidikan berbasis fitrah. Orang tua dapat merancang pendidikan anaknya menggunakan framework. Untuk lebih jelasnya dapat membaca buku ini. Buku ini dapat membantu kita menyadari masa-masa penting masing-masing fitrah dan tahapan.

“Parenting seharusnya tidak untuk  untuk menakut-nakuti orang tua tentang sulitnya mendidik anak. Parenting seharusnya untuk meyakinkan para orang tua betapa mudahnya mendidik anak, dan setiap orang tua mampu melakukannya. 
Modal utama mendidik anak adalah cinta dan ketulusan, dan itu adalah karunia Allah untuk setiap ayahbunda. Keduanya perlu dibangkitkan, bukan diajarkan. Jadi, mendidik anak itu mudah… mari kita didik sendiri anak-anak kita…”
-Adriano Rusfi-


Mas dan Adek


Judul: Ensiklopedi anak hebat serangga
Penulis : Son Seung-hwi
Penerbit: PT. Bhiana Ilmu Populer

Semut

Mas membaca banyak serangga. Satu serangga dibaca berulang kali. Tidak bosan. Kali ini yang paling menarik adalah semut. Semut memiliki empat kasta yaitu ratu semut, semut jantan, semut pekerja, dan semut tentara. Masing-masing mempunyai peran sendiri-sendiri. Seru ya!

semut pekerja (foto: kaskus.co.id)

Ketika mengetahui tentang informasi ini, mamas Zi terkejut. Ternyata semut lucu katanya. Berulang kali ditanyakan apa tugas semut tentara dan semut pekerja. Bagaimana membedakannya. Yang terlihat paling jelas adalah ketika semut-semut itu membawa makanan, maka itu adalah semut pekerja, hehe



Busy Airport
Published by Ladybird Books


Banyak sekali aktivitas yang kita lihat di bandara. Buku ini menceritakan berbagai informasi sederhana dan menarik untuk anak-anak. Urutan aktivitas mulai dari parker mobil, cek in, menunggu, sampai take off. Tipe flip flap bisa membuat interaksi anak dengan buku menjadi lebih menyenangkan. Anak bisa tah ata menebak aktivitas-aktivitas di bandara.

Saya sangat terbantu dengan buku ini. Beberapa kali penerbangan, saya selalu membawa buku ini. Buku ini digunakan sebagai panduan anak di bandara. Sebagai pengingat runtutan aktivitas di bandara. Bisa membuat anak-anak tertarik untuk aktivitas selanjutnya.


Sragen, 22 Januari 2019

#harike11
#Tantangan10hari
#GameLevel5
#MenstimulasiAnakSukaMembaca
#kuliahBunSayIIP

No comments:

Post a Comment

Terbaru

Puasa di Negeri Sakura

Puasa di bulan Ramadhan merupakan ibadah yang selalu dinanti bagi muslim. Bagaimana tidak, bulan ini penuh berkah semua kebaikan ak...

Populer