Jan 12, 2019

Pejuang Literasi Hari 1




Bismillah hari pertama kami menstimulasi keluarga suka membaca. Berikut review kami pada hari pertama membaca


Ayah

Judul buku: Plant Physiology, Pengarang: Lincoln Taiz et al.

Secondary Metabolite

The plant is an unmoving organism that has special protection against the attack of the pathogen (bacteria, viruses, fungi, nematodes, mites, insects, mammals, and other herbivorous animals). Plants protect their self by some mechanism such as layering the surface with specific compound and the production of a secondary metabolite.



Three classes of compounds that protect the surface of plants are Cutin, wax, and suberin

Cutin and suberin are a macromolecule (polymer) consist of a long chain of fatty acid with ester linkages. Whereas, waxes are not macromolecule, but a long-chain complex of acyl lipid that is extremely hydrophobic. Most of the plants have these three structures with variation, and they protect plants from the loss of water and invasion of the pathogen.

Plants produce a large, diverse array of organic compounds that appear to have no direct function in growth and development. These compounds are called Secondary Metabolite. It differs from primary metabolite (Amino acid, nucleotide, sugar, acyl lipid).

Secondary metabolites are divided into three major groups and protect plants against Herbivore and Pathogen. Three major groups are Terpenes, Phenolic compound, and Nitrogen-containing secondary product. Secondary metabolite has two functions in the plant, they are:
1.        They protect plants against being eaten by herbivores (herbivory) and against being infected by microbial pathogens.
2.       They serve as attractants for pollinators and seed-dispersing animals and as agents of plant-plant competition


Bunda

Judul: Fitrah Based Education
Pengarang: Harry Santosa

Definisi dan klasifikasi fitrah

Hari ini saya membaca tentang definisi dan klasifikasi fitrah dari buku karangan Ust. Harry santosa. Fitrah merupakan hal yang sangat penting dalam pendidikan manusia. Fitrah merupakan sifat bawaan yang dibawa sejak lahir bersifat suci dan berpotensi. Dalam Alquran Surat Ar-Ruum 30:

 
sumber: tafsiralquranbahasamelayu.blogspot.com

Berdasarkan ayah tersebut manusia diciptakan dengan membawa fitrah (potensi) keagamaan yang hanif, benar, dan tidak bisa menghindar. Fitrah berhubungan dengan agama Allah (Santosa, 2018).

Dalam buku tersebt juga dijelaskan bahwa fitrah itu seperti benih. Benih menyimpan banyak potensi. Benih ini akan menjadi tanaman yang bagus atau tidak tergantng dimana dia hidup. Apakah lingkungannya baik dan tukang kebun merawatnya dengan baik.
Menurut Ust. Adriano Rusfi wajib bagi orang tua untuk merawat fitrah anak. Hal ini adalah hal yang paling mudah dilakukan untuk menjaga anak agar tetap berjalan menuju pintu surga.

Fitrah diklasifikasikan menjadi manusia (bersifat personal) dan kommunal. berikut klasifikasi fitrah dari buku FBE.

Klasifikasi fitrah bersumber dari buku FBE

Alhamdulillah hari ini bisa memahami tentang apa itu fitrah dan klasifikasinya. Besok lanjut fitrah kemanusiaan. Semoga semakin semangat.

Mas dan Adek

Judul: Ensiklopedi anak hebat serangga
Penerbit: PT. Bhuana Ilmu Populer

Hari pertama Mas dan Adek membaca tentang ensiklopedi serangga. Menarik sekali buku ini. Bahasa sederhana dan ilustrasi gambar asli dan kartun, jadi anak-anak mengenal bentuk asli sekaligus gambar coretnya. Menggunakan kertas glosi sehingga gambar terlihat jelas. Sayangnya buku ini kurang cocok untuk usia adek (2 tahun) sehingga harus benar-benar diawasi agar tidak merusak buku dan masih dibantu untuk membalik. Saya juga masih bantu untuk membacakannya. Bahasanya sederhana, jadi saya tidak banyak mengganti kalimat. Hanya jika ada istilah baru, saya jelaskan terlebih dahulu.

Pada bagian awal dijelaskan bagaimana kita menggolngkan hewan tertentu termasuk serangga atau bukan. Dengan jelas dijelaskan ciri serangga beserta gambar penjelasnya. Ada lima ciri wajib serangga yaitu
  1. Terdiri dari 3 bagian badan: kepala, dada, dan perut
  2. Memiliki mata majemuk dan stemata
  3. Memiliki sepasang antenna
  4. Memiliki 3 pasang kaki
  5.  Melakukan metamorphosis: ada sempurna dan tidak

Mas sangat suka buku ini. Setelah bangun tidur minta dibacakan lagi tentang semi (jepang); cicada (English); tonggeret (Indonesia). Pas sekali. Musim panas kemarin, mas Ozi berhasil menangkap beberapa semi. Di jepang menangkap semi seperti hal yang paling dinanti bagi anak-anak jepang karena hewan ini hanya keluar di musim panas. Dengan mudah Mas Ozi paham. Bagaimana dengan adek? Adek antusias, ikut berekspresi seperti masnya. Bedanya adek belum sepenuhnya paham. Tapi bersyukur karena sudah sering ikut mencari semi, jadi adek juga senang.

semi;cicada;tonggeret (sumber foto: artforia.com)

Nah, ada beberapa fakta yang juga baru saya ketahui juga. Ternyata semi muda ini harus hidup di tanah dekat akar tumbuhan selama kurang lebih lima tahun lho sebelum akhirnya tinggal di batang pohon sebagai semi dewasa. Ada satu lagi, semi tidak bisa mendengar suara berisiknya sendiri!
Wow…. Menarik….

Siap-siap besok kami akan melanjutkan cerita seru lainnya ya…


Kudus, 12 Januari 2019


#harike1
#Tantangan10hari
#GameLevel5
#MenstimulasiAnakSukaMembaca
#kuliahBunSayIIP

No comments:

Post a Comment

Terbaru

Serba 5 dalam Mendongeng

Sungguh, saya termasuk ibu yang tidak pandai mendongeng. Ketika challange mendongeng ini diberikan, saya masih mencari-cari bagaimana sa...

Populer