Dec 4, 2018

Ikan, yuk makan!

Dalam hal belajar, mas dan adek selalu bersemangat. Kemarin mas dan adek belajar dengan memancing ikan mainan, maka hari ini mas dan adek mencoba kenalan dengan ikan beneran. Kebetulan tetangga depan rumah kami memiliki kolam ikan koi.

Mengenal ikan, khususnya koi, dengan cara memberi makan  merupakan belajar yg mengutamakan visual dan kinestetik. Sejauh ini, mas dan adek selalu enjoy jika belajar dengan berhadapan langsung benda asli dibanding hanya gambar. Bagaimana serunya kami belajar, berikut ceritanya.

Mas dan adek berkesempatan memberi makan ikan koi


👨Mas Ozi

Berbagai jenis ikan dapat kita sampai dalam kehidupan sehari-hari. Mas tahu ikan lele karena cukup sering makan. Nah, ketika dikenalkan dengan ikan koi, mulailah muncul banyak pertanyaan.

"Nda, ikannya bisa jadi besar gak?", tanya Mas
"Menurut Mas ozi gimana?"
"Bisa kalau makan banyak. Boleh dimakan?", tanyanya lagi
"Boleh. Tapi fungsi utamanya untuk hiasan, biar aquarium atau kolam ikannya cantik", jawab Nda
"Ah iya. Warnanya orange. Bagus ya"

Dan masih banyak pertanyaan lain. Mas adalah tipe orang yang senang sekali bertanya untuk hal-hal baru. Akan lebih senang jika bisa melihat dan menyentuh langsung bendanya. Bahkan malam ini sebelum tidur, doi bilang ingin coba naik perahu motor. Hehehe.

Ciri gaya belajar:
📃 belajar sambil berbicara untuk mengungkapkan rasa ingin tahu
📃 lebih senang belajar dengan objek asli sehingga bisa melihat dan menyentuhnya


👦 Adek

Melihat objek bergerak adalah hal yang paling adek sukai. Adek usaha berjinjit agar bisa melihat apa sih isi kolam ikan. Senangnya ketika terlihat banyak ikan berenang dengan warna cerah.

Adek berteriak menirukan kata-kata kami.
"Itan toi (ikan koi)"
"Itan mamam sini, ayok (ikan koi ke sini, makan)"
"Besar anet (ikannya besar banget)"

Anak kecil seusia adek selalu memberikan kesan sangat menarik pada hal-hal yang pertama mereka jumpai. Dan biasanya mereka mengingatnya untuk jangka waktu lama ketika itu benar-benar menarik perhatiannya.

Ciri gaya belajar:
📃 senang berbicara keras saat belajar
📃 menirukan apa yang orang lain katakan
📃 lebih senang melihat dan menyentuh objek asli

Beruntungnya kami, pas lihat ikan koi, si pemilik datang dan menawarkan untuk memberi makan ikan. Yee... Mas dan adik bisa tahu apa makanan dan cara makannya ikan. Ditambah diajak ke kolam ikan gurame dan koi yang sudah besar. Alhamdulillah. Rejeki ya dapat pengalaman bonus.

Besok siap belajar lagi 💪

Sragen, 4 Desember 2018

#harike5
#memahamigayabelajaranak
#tantangan10hari
#gamelevel4
#kuliahbundasayang

No comments:

Post a Comment

Terbaru

Puasa di Negeri Sakura

Puasa di bulan Ramadhan merupakan ibadah yang selalu dinanti bagi muslim. Bagaimana tidak, bulan ini penuh berkah semua kebaikan ak...

Populer