Dec 2, 2018

Ayo kenalan dengan Laron!

Hai! Namaku laron.

Setiap malam setelah hujan, laron akan lebih banyak keluar. Laron ramai terbang mengelilingi lampu atau sumber cahaya lain. Hmm... Mungkin di tempat kalian punya nama lain. Di tempat kami namanya laron, di tempat kalian namanya apa?

Mas dan Adek belum pernah melihatnya di Jepang. Pada awalnya Mas Ozi mengira hewan ini adalah capung. Jadi untuk kenal lebih dengan laron, kami belajar tentang laron. Kali ini strategi belajar lebih dominan ke kinestetik karena anak belajar dengan  bergerak mencari hal baru. Berikut belajar Mas dan Adek.

Hai, kenalan sama laron yuk!


👨Mas

Jika belajar dengan cara tangkap menangkap hewan, Mas Ozi semangat banget. Mau sejam lebih juga bisa. Lari-lari semangat tangkap laron dengan hati-hati agar sayapnya tidak lepas.

Mas mengidentifikasi ciri laron. Warna sayap laron, jumlah kaki, bentuk tubuh, bentuk sayap, kapan sayap lepas, dan lain-lain. Awalnya mas Ozi kekeuh kalau ini adalah capung, sampai.akhirnya nda googling gambar capung untuk memperlihatkan bedanya. Alhamdulillah akhirnya mas Ozi yakin kalau ini bukan capung.

"Oh iya. Beda.  Capung ekornya panjang", kata Mas.
"Beda kan ya. Terus apa lagi?", tanya Nda
"Sayapnya gampang lepas Nda. Warnanya coklat juga"
"Wah... Sip. Pinter Mas. Besok gak salah ya bedain laron dan capung", tegas Nda.

Ciri gaya belajar:
📌 lebih senang belajar melalui benda asli
📌 belajar dengan bergerak lebih mudah dibanding hanya melihat gambar atau mendengar penjelasan
📌 lebih senang aktivitas yang banyak bergerak

👦 Adek

Adek adalah orang yang selalu ada di belakang Mas Ozi. Apapun yang dikerjakan Mas, si doi akan senang mengikutinya. Menangkap serangga adalah kegemaran Mas, si Adek kadang maju mundur sih kalau mau ikutan. Tapi kali ini untuk laron, Adek tidak takut. Malah teriak kenceng kalau nemu laron.

Adek cukup paham (mengenal) laron. Hal ini ditunjukkan dengan benar menyebutkan mana laron dan capung. Alhamdulillah Adek tahu. Kalau untuk warna dan jumlah masih belum bisa. Semoga nanti segera bisa ya Nak. Yang terpenting senang dulu dengan proses belajarnya.

Ciri gaya belajar:
📌 fasih menirukan pola nada bicara
📌 lebih mudah  belajar dengan memegang dan melihat langsung objek belajar
📌 lebih senang belajar dengan banyak bergerak


Alhamdulillah untuk hari ini. Besok kita kenalan dengan lebih banyak hewan yuk!


Sragen, 2 Desember 2018


#harike3
#memahamigayabelajaranak
#tantangan10hari
#gamelevel4
#kuliahbundasayang

No comments:

Post a Comment

Terbaru

Matematika logis? Aku suka!

Alhamdulillah satu lagi level telah dipelajari. Senang dapat ilmu baru. Level 6 ini adalah menstimulasi anak suka matematika. Walaupun k...

Populer