Nov 7, 2018

Meningkatkan Kecerdasan Anak | SAYANG ALLAH - Hari 1

Alhamdulillah akhirnya bisa mulai T10. Kesempatan kali ini kami mudik ke Indonesia. Hari ini anak-anak sudah bisa adaptasi dan ceria, Nda juga demikian. 

T10 pada game level 3 kelas Bunda Sayang kali ini tentang pentingnya melatih lecerdasan anak. Ada empat jenis kecerdasan anak yang diperoleh dari Tim Fasilitator Bunda Sayang (2018) yaitu
  1. Kecerdasan intelektual, meliputi kemampuan menalar, merencanakan sesuatu, memecahkan, berpikir, penggunaan bahasa dan lain-lain. Kecerdasan ini mengarah pada penggunaan mind on (berpikir)
  2. Kecerdasan emosi, yaitu kemampuan untuk mengenali  perasaan diri sendiri dan orang lain, memotivasi diri, mengelola emosi baik diri sendiri maupun hubungan dengan orang lain. Kecerdasan ini lebih menekankan pada heart on (perasaan)
  3. Kecerdasan spiritual, yaitu kemampuan mengenal Allah dan posisi sebagai hamba Allah. Dalam agama ini disebut fitrah keimanan. Membuat hidup penuh arti dan membuat anak paham misi Allah menciptakan kita di muka bumi.
  4. Kecerdasan menghadapi tantangan, yaitu kemampuan mengubah hambatan menjadi peluang. Menentukan seberapa seberapa tangguh aank dalam menghadapi hidup.

Pada tantangan kali ini, saya dan suami sepakat untuk berusaha meningkatkan kecerdasan emosi anak. Mengapa? Karena akhir-akhir ini mereka sering trantum dan ingin mengajarkan menejemen emosi. Proyek ini kami beri nama “SAYANG SEMUA” karena kami ingin mengajarkan tentang bagaimana perasaan kita untuk semua yaitu Sang Pencipta, Nabi, Simbol Islam, Ayah, Bunda, Kakak/Adik, Kakek/Nenek/Saudara/Teman, Hewan, Tumbuhan, dan Diri Sendiri. Proyek ini nantinya juga akan beririsan dengan kecerdasan spiritual dan intelektual, tapi yang dikedepankan adalah kecerdasan emosi.


Hari 1 | Sayang Allah

Kami mencoba mengenalkan Allah melalui Rukun Islam dan Rukun Iman. Mas dan Adek semangat untuk mendengarkan. Rukun Islam erupakan pondasi bagi orang muslim. Rukun Iman adalah pilar – pilar keimanan didalam Islam yg harus dimiliki setiap muslim.



Rukun Islam:
  1. Mengucapkan dua Kalimat Syahadah
  2. Solat lima waktu
  3. Puasa di bulan Ramadhan
  4. Menunaikan zakat fitrah
  5. Menunaikan Haji (bagi yang mampu)

Bunyi kalimat syahadat itu adalah “Asyhadu An Laa Ilaaha Illallaah, Wa Asyhadu Anna Muhammadar Rasuulullaah” yang artinya ” Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan melainkan Allah. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adlh utusan Allah ”. Orang – orang yang beribadah kpd selain Allah SWT adalah orang kafir atau musyrik terhadap Allah, meskipun yang disembah adalah seorang Nabi ataupun Wali. Meskipun alasan yang digunakan adalah agar lebih mendekatkan diri kepada Allah. Rukun Islam Kedua ialah mengerjakan Sholat yg merupakan ibadah yang dikerjakan untuk berinteraksi antara Allah SWT dan umat. Rukun Islam yang ketiga adalah puasa, sama halnya dengan sholat. Puasa Ramadhan yang dikerjakan selama 30 hari penuh, sedangkan Puasa Sunnah adalah puasa yang apabila dikerjakan mendapatkan pahala, dan bila tidak dikerjakan tidak mendapat dosa. Beberapa contoh diantaranya adalah Puasa Senin Kamis. Waktu puasa itu sendiri dikerjakan mulai dari sebelum terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari Mas Ozi bilang “iya. Ozi mau ikut puasa ya kalau ayah Nda puasa”. Rukun Islam Keempat adalah Zakat dan Zakat ini merupakan perintah Allah SWT untuk mengeluarkan sebagaian harta. Rukun Islam yang kelima adalah Haji, seorang muslim yang telah mampu baik lahir ataupun batinnya diwajibkan untuk mengerjakan ibadah Haji sekali seumur hidupnya. Nanti kita bisa melihat ka’bah. Kata Ozi “Ozi mau lihat ka’bah”. Adek “adek juga au”.

Rukun Iman:
  1. Percaya kepada Allah SWT
  2. Percaya kepada Malaikat
  3. Percaya kepada Kitab-kitab
  4. Percaya kepada Rasul-rasul
  5. Percaya kepada hari kiamat
  6. Percaya kepada Qodo’ dan Qodar

Iman kepada Allah, Seseorang tidak dikatakan beriman kpd Allah SWT sampai dia telah mengimani 4 hal berikut adanya Allah Subhanahu wa ta’ala; tidak ada yg mencipta, menguasai, serta mengatur alam semesta terkecuali Allah SWT; jika tak ada sesembahan (Tuhan) yg berhak disembah melainkan Allah SWT serta mengingkari semua sesembahan selain Allah Subhanahu wa ta’ala dan semua nama dan sifat Allah. Iman kepada para Malaikat Allah yaitu adanya malaikan sebagai makhluk ciptaan Allah, serta amalan dan tugas yg diberikan Allah SWT kpd para malaikat dan diciptakan oleh Allah SWT dari cahaya. Iman kepada Kitab – KItab Allah bahwa seluruh kitab Allah SWT ialah kalam atau ucapan yg merupakan sifat Allah SWT dan ada empat (4), yaitu Kitab Taurat, Kitab Zabur, Kitab Injil, dan Kitab Al Qur’an. Rukun Iman Keempat ialah mengimani (Percaya)Ma bahwa ada diantara Pria (Laki – Laki) dari Golongan manusia yg Allah SWT tunjuk sebagai perantara antara diri-Nya dengan hamba-Nya. Rukun Iman Yang Kelima adalah mengimani adanya tanda – tanda hari kiamat dan mengimani hari kebangkitan di padang mahsyar sampai berakhir di Surga ataupun Neraka. Rukun Iman Yang Keenam adalah mengimani kejadian yg baik ataupun yag buruk (Qada dan Qadar), semua itu atas seizin dari Allah SWT, karena seluruh makhluk tanpa terkecuali, zat serta sifat mereka demikian pula perbuatan mereka melalui kehendak Allah SWT.

Anak-anak coba dijelaskan dengan bahasa sederhana masing-masing rukun Islam dan Rukun Iman. Bagaimana tanggapannya? Lucu dan mengharukan. Pertanyaan dan pernyataan mereka lucu dan unik. Misalnya “mas harus rajin ke mesjid ya biar bagus ya Nda. Kan Ozi sayang Allah”, “banyak ya Rasul dan Kitab”, ada satu yang lebih unik. Saat ikut Yangkung dan Yangti beli martabak si mas ini tanya ke Yangti “itu ada babinya tidak? Kalau ada babinya tidak boleh dimakan orang Islam”

Bagaimana dengan adek? Adek menirukan semua yang Nda dan mas katakan. Hehehe...

Belajar ini tidak bisa satu hari saja, harus bertahap sebenarnya. Ini awal untuk menumbuhkan rasa sayang. Semoga besok kita bisa belajar lagi dan lebih semangat lagi ya...



Kudus, 7 November 2018



#KuliahBundaSayang
#GameLevel3
#FamilyProject
#MyFamilyMyTeam

Referensi:

TKuim Fasilitator Bunda Sayang. 2018. Pentingnya Meningkatkan Kecerdasan Anak Demi Kebahagiaan Hidup. Diakses dari https://classroom.google.com/c/MTQ5MTA4MDM4ODla/p/MjAwODEzODUxMzFa/details pada tanggal 1 November 2018

No comments:

Post a Comment

Terbaru

Serba 5 dalam Mendongeng

Sungguh, saya termasuk ibu yang tidak pandai mendongeng. Ketika challange mendongeng ini diberikan, saya masih mencari-cari bagaimana sa...

Populer