Nov 15, 2018

Melatih Kecerdasan Anak | SAYANG TUMBUHAN | SAYANG SEMUA Hari 9

Hari kesembilan....

Mengapa kita harus berbuat baik pada tumbuhan?
Pertanyaan ini merupakan pertanyaan pembuka yang Nda ajukan pada mas dan adek.

“kenapa ya?”, jawab Mas Ozi
Adek Cuma senyum. Ah, lebih tepatnya si doi belum mengerti.
“eh, karena Ozi anak sholeh”, kata Mas Ozi sambil nyengir.
“iya betul. Mas Ozi memang anak sholeh. Tapi ada alasan Mas kenapa harus sayang tumbuhan. Mas Ozi dan adek suka makan pisang?”
“suka!”, jawab mereka bareng
“pisang dari mana?”
“makanan”, jawab Ozi
“hmm.... (Nda mulai garuk-garuk kepala). Pisang itu betul makanan. Nah, pisang yang kita makan itu asalnya dari mana? Kita masak sendirikah?”
“dari pohon”, jawab Mas Ozi.
“iya. Betul. Pohon itu kan tumbuhan. Jadi tumbuhan baik gak?”
“baik. Ozi mau baik juga”
“adek uga (baca: adek juga)”

Beberapa minggu sebelum game level 3 dimulai, kami belajar tentang siklus tumbuhan. Dimulai dari biji, kecambah, tumbuhan kecil berdaun, berbunga, berbuah, berbiji. Nah, saat itu mas Ozi masih kesulitan memahami siklus tumbuhan. Bagaimana bisa dari biji keluar daun? Oleh karena itu Nda buat proyek mengamati pertumbuhan kedelai dan kacang hijau dari biji. Mas Ozi dan adek wajib menyiram tumbuhan setiap 2 hari sekali. Dari proyek inilah Mas Ozi tahu bagaimana biji bisa keluar batang dan daun. Kami meletakkan 2 jenis biji di tempat terang dan gelap. Jadi ada beda kecepatan tumbuh. Seneng si doi. Sampai doi lihatin tiap ingat. Kami pun bareng-bareng menghitung daun.

Proyek Siklus Tumbuhan agar Mas Ozi dan Adek Paham Biji bisa Tumbuh dan Berkembang

Belajar dari proyek tumbuhan, kami sama-sama belajar bahwa tumbuhan melakukan proses yang panjang. Dari biji, muncul calon akar, batang, dan daun, kemudin berproses lagi sampai ada bunga, buah dan biji. Proses yang panjang sekali. Jadi kita tidak boleh merusak tumbuhan karena setiap tumbuhan melakukan proses panjang untuk tumbuh dan berkembang. Kita harus menjaga kelestarian alam. Kalau punya tanaman, kita harus rajin menyiramnya.

Kita bisa melakukan beberapa hal untuk mencerminkan rasa sayang pada tumbuhan, antara lain:
  1. Menjaga kelestarian tumbuhan
  2. Tidak menebang pohon sembarangan
  3. Menjaga kebersihan lingkungan sekitar
  4. Membayar zakat atas hasil panen yang kita dapatkan


Bersyukurlah Allah memberikan nikmat yang luar biasa dengan menumbuhkan berbagai jenis tumbuhan yang bisa dimanfaatkan manusia. Nikmat mana lagi yang kamu dustakan? Hal tersebut ada di Q.S. Ar-Rahman :10-13. Apa lagi yang kita tunggu agar dapat berkonstribusi untuk lingkungan sekitar kita. Dimulai dari diri kita, dari hal kecil, dan sejak kecil anak diajarkan hal ini...


#KuliahBundaSayang
#GameLevel3
#FamilyProject
#MyFamilyMyTeam

No comments:

Post a Comment

Terbaru

Puasa di Negeri Sakura

Puasa di bulan Ramadhan merupakan ibadah yang selalu dinanti bagi muslim. Bagaimana tidak, bulan ini penuh berkah semua kebaikan ak...

Populer