Nov 13, 2018

Melatih Kecerdasan Anak | SAYANG SESAMA MANUSIA | SAYANG SEMUA Hari 7

memupuk rasa sayang pada keluarga dan teman sangat penting bagi anak

Melatih rasa sayang anak ke sesama manusia sangat penting. Setelah kemarin Mas dan Adek belajar bareng tentang menyayangi ayah dan bunda, sekarang belajar menyayangi keluarga, teman, dan sesama manusia. Kami belajar belajar sayang pada eyang, mbah, om, tante, dan juga harus sayang pada sesama.

Mas dan adek sayang pada keluarga. Kemarin waktu Ontis sakit, dielus-elus kakinya. Kasihan katanya. Waktu yangkung nyapu juga dibantuin biar gak capek. Yangti juga disayang. Walaupun kadang ngambek karena gak diturutin. Tapi ngambek gak lama ya yang penting Nak, hehehe
Hari ini kami belajar untuk meningkatkan rasa sayang pada sesama. Mas Ozi dan adek melihat video. Yang pertama tentang anak yang kurang beruntung. Video ini mas dan adek belajar tentang berempati pada orang lain.

“mas ozi, kasihan ya mas nya yang cari botol. Itu buat dijual, terus uangnya buat beli makan”
“iya. Kasihan. Mas nya capek”
“mas nya itu hebat mas, bisa semangat terus. Ozi mau baik gak sama masnya?”
“mau. Nanti ozi kasih botol”
“kalau punya teman seperti mas nya itu mau gak?”
“mau”
“adek juga mau punya teman mas pemulung? Mas nya baik”
“mau”

Rasa sayang kepada manusia tidak boleh membeda-bedakan. Semua orang yang harus kita sayangi. Kata mas Ozi tadi, Mas Ozi sayang Bang Hanif. Nanti kalau naik sepeda mau gantian, atau kalau punya jajan mau dikasih. Nda jelaskan dengan bahasa sederhana tentang perintah agar umat Islam saling menghormati, mengasihi dan memelihara hubungan baik. seperti hadist Muslim "Barang siapa tidak menyayangi manusia, maka Allah tidak akan menyayanginya". 


Islam mengajarkan agar kita saling menyayangi

Harapan orang tua adalah anak dapat berhubungan baik dengan orang lain. Rasa sayang dan hormat harus dibangun sejak dini. Manusia bukan makhluk individu, tetapi makhluk sosial dimana kita tidak dapat hidup sendiri tanpa orang lain. Hidup di jaman sekarang tidak mudah. Rasa tenggang rasa sudah mulai hilang, semua mengedepankan diri sendiri. Oleh karena itu Mas Ozi dan adek harus mempunyai pondasi rasa sayang pada sesama yang kuat. Hal ini tidak bisa dilatihkan sehari, melainkan setiap saat dengan melihat hal nyata dalam kehidupan sehari-hari.

Ganbatte! Mari berjuang bersama ya Nak, Nda juga perlu upgrade rasa sayang ke sesama J



#KuliahBundaSayang
#GameLevel3
#FamilyProject

#MyFamilyMyTeam

No comments:

Post a Comment

Terbaru

Membaca? Suka ❤❤❤

Ada hal yang lebih sulit dibanding membuat anak suka membaca. Apa itu? Yaitu mempertahankan agar tetap gemar membaca atau bahkan mening...

Populer