Nov 12, 2018

Melatih Kecerdasan Anak | SAYANG KAKAK ADIK | SAYANG SEMUA Hari 6

Hari keenam...

Pada hari keenam kami belajar meningkatkan rasa sayang pada kakak adik. Hmm... sesuatu yang besar untuk kami, mengingat dua anak soleh ini mempunyai minat yang sama berbagai hal. Apakah mereka sering bertengkar? Tentu! Mereka akan berhenti jika salah satu sudah ada yang menangis. Apa efek mereka bertengkar? Nda bisa tratum, hahahaha. Seringnya adek yang menangis dan....akan minta emek sama Nda. Nda kan jadi sedih makin lama makin susah sapih si adek.

Kami mulai membangun rasa sayang antar kakak adek ini dengan menonton video waktu masih kecil. Dalam video ini menampakkan mas dan adek saling menyayangi. Mas mengambilkan popok buat si adek dan adek senyum diajak main mas. Mereka tersenyum geli sendiri menontonnya.

Tidak mudah dan tidak sulit juga membuat mereka tersenyum bersama. Mas dan adek selisih 20 bulan. Jadi banyak hal yang bisa dikerjakan bersama. Buat proyek, belajar, main bareng, makan, dan berbagai hal bersama. Tak jarang mereka bisa tertawa bersama, melakukan hal konyol seperti main “tolong” dimana si mas atau adek gantian pura-pura terjepit kasur atau jatuh kemudian ditolong diangkat. Ah... permainan itu sungguh aneh. Hahahaha...

“Adek sayang Mas Ozi?”
“He’em”, lalu berjalan ke arah Mas untuk cium pipi Mas Ozi.
“Nyak iduuu (baca:ada ludahnya)”, kata Mas Ozi
“hahahaha... kan adek sayang Mas. Hmm, Mas Ozi sayang Adek gak?”
“Sayang”, jawan Mas Ozi sambil peluk Adek
“Kalau Mas Ozi sayang Adek dan Adek sayang Mas Ozi, harus baik-baik ya. Jangan bertengkar atau pukul ya. Berbagi dan main bareng ya”
“iya”

Selalu berdoa dan berusaha agar anak saling menyayangi satu sama lain


Selalu begitu. Di saat mereka masih adem, mereka kelihatan akur banget. Ibu-ibu sering ngiri lihat dua bocah ini kalau akur. Iya kalau pas akur. Kalau pas gak akur, hadeuh... jangan lihat. Tapi bagaimanapun Nda bangga pada mereka. InshaAllah anak soleh ya Nak.

Bangun tidur orang pertama yang dicari Nda, setelah itu Mas Ozi. Mas Ozi adalah orang yang selalu dicontoh, semuanya. Semua. Kalau diajak ke mesjid Mas, adek buru-buru jalan. Diajak lihat ayam, mengekor di belakang. Mas Ozi bagaimana? Sama aja. Kalau adeknya masih bangun, sering dibangunin karena cari teman main. Kalau beli jajan, adek sudah langsung didaftarkan bagian. Beli mainan harus dua karena untuk adek satu. Kalau kami hanya punya satu benda, tak jarang Mas Ozi mau berbagi. , biasanya bilang “berbagi ya dek. Kan bagus berbagi” kata Mas Ozi. Kalau bertengkar? Setelah bertengkar dan keadaan tenang, mereka akan saling maaf-maafan. Ahh... mereka lucu.

Harapan kami sebagai orang tua agar mereka selalu akur sebagai kakak beradik. Saling membantu, menjaga, mendoakan, dan bersama-sama dalam berbuat kebaikan. Terkadang khawatir bagaimana mereka nanti jika sudah besar. Oleh karena itu, kami berusaha siapkan pondasi kuat untuk membangun rasa sayang dan menjaga dalam kebaikan satu sama lain. Semoga Allah senantiasa menjaga kalian dalam ikatan saudara agar bisa bermanfaat bersama untuk umat Nak, Aamin...


#KuliahBundaSayang
#GameLevel3
#FamilyProject

#MyFamilyMyTeam

No comments:

Post a Comment

Terbaru

Serba 5 dalam Mendongeng

Sungguh, saya termasuk ibu yang tidak pandai mendongeng. Ketika challange mendongeng ini diberikan, saya masih mencari-cari bagaimana sa...

Populer