Nov 16, 2018

Melatih Kecerdasan Anak | SAYANG DIRI SENDIRI | SAYANG SEMUA Hari 10

Hari ke-10...

Hari terakhir proyek “sayang semua” adalah belajar menyayangi diri sendiri.  Islam menganjurkan untuk menyayangi orang lain dahulu, bukan berarti tidak menyayangi diri sendiri. Sayang pada sesama dan diri sendiri harus dilakukan bersama secara berdampingan.

Menyayangi diri sendiri penting, dengan catatan menyayangi ke arah positif bukan negatif. Positif mengarah pada penghormatan pada bakat dan kemampuan diri sendiri, termasuk bagaimana menjaga diri sendiri. Sedangkan rasa sayang diri sendiri yang negatif mengarah pada egoisme.

Sayang diri sendiri merupakan bentuk dari menghargai dan menjaga diri sendiri

Nah, Mas Ozi dan Adek belajar sayang pada diri sendiri melalui hal-hal sederhana seperti menjaga kesehatan jasmani dan rohani. Nda mengirim pesan pada ayah untuk menanyakan kira-kira hal apa yang mau dibelajarkan pada Mas dan Adek untuk menyayangi diri sendiri. Ayah berpesan tentang menjaga kesehatan jasmani dan rohani sebagai bentuk menyayangi diri sendiri.

“Mas Ozi dan adek juga harus sayang diri sendiri lho, sayang pada Mas Ozi sendiri. Sayang pada adek sendiri”, kata Nda
“eh, iya?”, mas Ozi bingung
“cara sayang pada mas Ozi dan adek sendiri dengan rajin mandi, gosok gigi, makan sayur, minum air putih, bobok siang, rajin sokat, rajin ngaji biar Allah semakin sayang mas Ozi”.
“Allah sayang ozi?”
“iya kalau mas Ozi usaha jadi anak soleh”
“adek mau rajin solat dan gosok gigi bagus-bagus?”, tanya Nda
“auuuuuu (baca: mau)”, jawab Adek.

Sayang diri sendiri berarti menjaga diri sendiri agar selalu baik. Kami berharap Mas dan Adek bisa menyayangi diri dengan menjaga kesehatan jasmani dan rohani. Hal tersebut dimulai dari hal sederhana saja seperti mau gosok gigi dan solat. Kalau gigi sehat dan bersih maka makan enak. Makan makanan sehat dan membatasi makanan manis ya Nak. Waktu solat tiba, mau solat. Mas dan adek mau berusaha melakukannya, walaupun kadang harus dibujuk atau lari kalau lagi badmood. Belum sempurna memang, tapi yakinlah lama-lama mereka akan bisa melakukannya lebih baik.

Jika menyayangi sesama manusia adalah kebaikan, maka menyayangi diri sendiri juga kebaikan. Sekarang ini banyak yang tidak sayang diri sendiri dengan mengkonsumsi narkoba, bunuh diri, pergaulan yang tidak baik, dan lain-lain. Hal tersebut harus dihindari. Menyayangi diri sendiri selanjutnya adalah dengan menerima kekurangan dan mensyukuri kelebihan.  Jika bukan diri kita sendiri yang memulai menyayangi, lalu siapa yang menyayangi diri kita sendiri. Harus tetap berpesan juga bahwa menyayangi diri sendiri tidak boleh berlebihan agar terhindar dari sifat egois.

Yuk mulai sejak dini sayang diri sendiri :)



#KuliahBundaSayang
#GameLevel3
#FamilyProject
#MyFamilyMyTeam

No comments:

Post a Comment

Terbaru

Matematika logis? Aku suka!

Alhamdulillah satu lagi level telah dipelajari. Senang dapat ilmu baru. Level 6 ini adalah menstimulasi anak suka matematika. Walaupun k...

Populer