Nov 14, 2018

Melatih Kecerdasan Anak | SAYANG BINATANG | SAYANG SEMUA Hari 8

Hari ini adalah hari kedelapan proyek sayang semua. Pada hari kedelapan, Mas dan Adek belajar menyayangi binatang. Menyayangi binatang sebenarnya sudah banyak dipraktekkan sebelumnya. Hari ini kami belajar menyayangi binatang melalui review kegiatan apa saja yang telah mereka lakukan dengan binatang. Sudahkan semua mencerminkan sayang binatang?

Selama musim panas lalu, Mas dan adek sangat senang karena bisa bertemu dengan berbagai macam binatang. Maklum, musim salju dan semi mereka seringnya melihat burung gagak dan kucing tetangga yang lewat saja. Musim panas adalah surganya serangga. Semua serangga keluar. Dan anak-anak pun senang. Di berbagai toko dijual alat penangkap serangga, kotak, makananan, bahkan asesoris rumah serangga pun ada. Tak ketinggalan Mas Ozi pun punya alat penangkap dan kotak serangga.

Hampir tiap hari kami berburu serangga. Mas Ozi yang bawa alat penangkap dan adek yang bawa kotaknya, begitu saja tiap hari. Hafal saja mereka jam-jam untuk ke taman. Bagaimana seorang ibu macam sy bisa menolak ajakan mereka dengan wajah ceria? Hehehe... Akhir musim panas terlihatlah saya tidak makin putih di Jepang, tapi makan eksotis! Secara musim panas disana benar-benar panas :D

Ada beberapa aturan yang kami terapkan saat menangkap serangga. Pertama, serangga harus ditangkap dengan cara baik-baik. Alhamdulillah alat penangkap serangga aman digunakan karena berupa jaring saja, jadi tidak menyiksa. Cara mengambil mas juga terbilang halus. Doi pegang jaringnya dan pintu kotak serangga dibuka adek. Jadi serangga tidak terpencet. Selain itu, sebenarnya Mas Ozi takut pegang serangga, hehe. Hanya suka tangkap dan lihatin aja. Serangga yang ditangkap natara lain capung, jangkrik, kuwagata, belalang. Bedanya hewan-hewan disini lebih jinak lho, mudah sekali ditangkap. Nda saja bisa tangkap capung menggunakan tangan dengan mudah. Nah, kedua jangan lupa kasih makan serangga. Kami beli jelly khusus serangga di D**so. Baru tahu lho kalau ada jelly serangga. Selain diberi jelly juga ditambah daun-daun. Sebagai bentuk sayang, kami beli tanah dan dahan-dahan untuk asesoris. Aturan ketiga, kalau sudah beberapa hari serangga dilepaskan biar bisa bebas lagi. Jangan sampai hewan mati karena kita kan sayang binatang.

Di rumah yangkung banyak hewan. Hari pertama Mas Ozi dan adek seneng banget lihat ayam. Adek yang paling seneng, seperti gak pernah lihat ayam, hihihi. Ada banyak serangga lain seperti jangkrik kecil, laron, semut, kecoa, dan masih banyak lain. Bangun tidur, mau tidur, mau makan, apapun kegiatannya pasti bilang “lihat ayam”. Apalagi ada anak ayam yang baru menetas. Lucu banget. Kecil-kecil. Mas Ozi bantu kasih makan dan minum ayam. Doi gak takut lho. Berbeda dengan adek yang suka lihat tapi takut kalau didekati ayam, hihihi.

Beberapa hari lalu Nda belikan ikan hias dari pasar. Mas Ozi dan Adek juga ikut ke pasar. Ikan boleh dimakan, daging juga boleh asal penyembelihannya sesuai dengan syariat yang dianjurkan agama. Binatang diciptakan Allah untuk dimanfaatkan manusia. Nah, kita harus menyayangi binatang dengan memanfaatkan secukupnya dan berperilaku baik pada hewan.

“Ikan hias yang dibelikan Nda harus dirawat dengan baik ya Mas Ozi dan Adek. Dikasih makan ya”
“iya. Ozi nanti rajin kasih makan”
“iya. Maem”, kata Adek
“alhamdulillah... sayang binatang ya”



Kami berharap Mas Ozi dan adek bisa menyayangi binatang. Jaman sekarang banyak sekali orang yang bersikap tidak baik pada hewan yang terpenting mendapat keuntungan. Binatang sama-sama makhluk ciptaan Allah, kita sebagai manusia yang berakal dan beriman harus memperlakukan hewan dengan baik. Mas dan adek belajar bersama Nda tentang beberapa hal yang bisa dilakukan dalam menyayangi binatang, antara lain:
  1. Mengambil manfaat secukupnya
  2. Memberikan makanan dan minuman cukup
  3. Menolong binatang
  4. Memelihara bianatang dengan kasih sayang
  5. Tidak mengganggu dan menyiksa binatang


Alhamdulillah untuk hari ini. Kita lanjut belajar besok ya untuk menyayangi tumbuhan J

#KuliahBundaSayang
#GameLevel3
#FamilyProject

#MyFamilyMyTeam

No comments:

Post a Comment

Terbaru

Serba 5 dalam Mendongeng

Sungguh, saya termasuk ibu yang tidak pandai mendongeng. Ketika challange mendongeng ini diberikan, saya masih mencari-cari bagaimana sa...

Populer