Oct 8, 2018

Melatih Kemandirian Hari Ke 5

Pekan pertama melatih mas ozi memakai baju sendiri dan untuk adek melatih mengutarakan keinginan tanpa rengekan.

Alhamdulilah memasuki hari ke 5. Pada hari ke 5 ini kami mengevaluasi kesulitan apa saja dalam melatih skill/keterampilan pada pekan ini.



⭐️Mas

Tadi Nda tanya tentang kesulitan apa saja yang dialami mas ozi dalam memakai baju sendiri untuk beberapa hari ini. Cukup bingung menjawab. Kemudian diganti pertanyaan yang lebih simpel dengan memberikan pilihan jawaban (benar-benar harus tidak boleh melewatkan komunikasi produktif). Jawabannya cukup lucu, katanya Nda jangan cepet-cepet kalau nunggu ozi pakai baju. A artinya Nda harus lebih sabar. Kemudian bagian sulit adalah membalik baju. Ada lagi katanya. Depan belakang celana yang gak ada talinya, hehehe...

Sebenarnya ada bagian berpakaian yang belum diajarkan yaitu memakai baju berkancing. Ini masih PR sekali. Cukup sulit, mengingat kancing baju anak-anak itu kecil sekali. Sehingga Nda memutuskan mengajarkan sambil jalan tidak bisa hanya satu hari. Untuk sementara ini baju-baju ozi masih banyak dari kaos saja.

⭐️Adek

Hari ini adek lumayan berkurang merengeknya. Kalau ditanya adek kesulitan untuk mengutarakan keinginan apa? Pasti tidak ada jawabanlah ya. Jadi Nda aja yang mengevaluasi.

Adek ini kalau mood tidak bagus pasti langsung merengek. Ini wajar sesuai usia. Jadi jalan keluarnya harus benar-benar memperhatikan timing anak. Kalau terlihat bosan atau mengantuk didekati dan ditanya sebelum masuk ke tahap rengekan. Walaupun ketika merengek dan bisa ditenangkan, si doi bisa diminta untuk mengatakan keinginan dengan baik.

Sesuai dengan apa yang dituliskan pada modul melatih kemandirian (IIP, 2014)* bahwa hal yang diperlukan ada 3 yaitu konsistensi, motivasi, dan teladan. Tiga hal ini perlu perjuangan untuk terus mengamalkannya setiap hari. Semangat!


*Institut Ibu Profesional, Bunda Sayang, antologi, Gazzamedia, 2014

#harike5
#melatihkemandirian
#gamelevel2
#kuliahbundasayang
#kelasbunsayinternasional4
#institutibuprofesional
   

No comments:

Post a Comment

Terbaru

Serba 5 dalam Mendongeng

Sungguh, saya termasuk ibu yang tidak pandai mendongeng. Ketika challange mendongeng ini diberikan, saya masih mencari-cari bagaimana sa...

Populer