Oct 7, 2018

Melatih Kemandirian Hari Ke 4

Minggu pertama game level 2 bunsay adalah melatih kemandirian anak. Skill pertama yang ditargetkan untuk mas adalah bisa memakai pakaian sendiri dan untuk adek adalah mampu mengutarakan keinginan.
Hari ke 4 mempelajari sub poin skill:
Mas : membuka dan menutup resleting baju
Adek : mengutarakan keinginan pada anggota keluarga (selain Nda)


⭐️Mas

Sebenarnya pakaian mas ozi kebanyakan kaos dan celana karet, jadi tanpa resleting dan kancing. Nah, jaket pakai resleting. Ini sudah memasuki musim gugur, sering hujan pula. Jadi harus bisa pakai jaket sendiri ya. Hari ini belajar pakai jaket :D

Urut-urutannya:
1.     Kepala reseleting diturunkan
2.     Pangkal rel resleting dimasukkan ke kepala sampai sejajar
3.     Tarik kepala resleting ke atas (ujung)

mas belajar pakaian berlesleting



Nda contohin dulu.sepertinya mudah. Pas mas ozi coba… eh… lumayan susah ya mas. Tapi bagusnya si doi tertarik mencoba dan mencoba. Setelah 3 kali praktik lumayan lah. Lumayan bisa dan lumayan lama, hehehehe… sayangnya tadi ada iklan, jadi fokusnya pecah. Kemudian dikasih tahu ayah ”kalua mas oazi berhasil resletingkan jaketnya, besok beli es krim”. Semoga ini termasuk reward yang baik ya. Mas tambah senang dan semangat, akhirnya berhasil lebih cepat.

Alhamdulillah… besok dilatih lagi ya Nak.


⭐️Adek

Hari ini kami aktivitas di luar. Jalan keliling-keliling kanazawa yang hampir tiap akhir pekan banyak kegiatan yang digelar. Hari ini kami ke 21 Museum. Untuk pertama kalinya pergi dengan ayah, hehehe akhirnya :D

Di sana ada workshop membuat bunga. Adek ikut mencoba. Eh, sebenarnya lebih ke uwel-uwel bunga sih. Masuk ke museum melihat hasil karya seniman. Banyak hal menarik yang kami pelajari hari ini. Nah, adek kalua ke tempat umum sering kali tidak mau diam, tapi mungkin memang sedang masanya. Lari ke sana kemari, ingin tahu berbagai hal. Bagus sih, tapi kalau di rumah. Jika di tempat umum tetap harus dikendalikan. Nah, waktunya belajar ngomong bagus-bagus ini!

”Adek, kalau mau sesuatu bilang bagus-bagus ya”, kata Nda
”he em” katanya seperti biasa
”bilang bagusnya jangan Cuma sama Nda, tapi sama ayah dan mas juga ya”
”he em”
”coba bilang bagus sama ayah”
”yah, uyun” (ayah, turun (dari digendong))
”nah, pinter. Sambil senyum ya”
Si adek terus merem-merem :D

adek belajar mengutarakan keinginan ke anggota keluarga


Nah, pas mas ozi beli es serut, si adek merengek minta.
”ehm, bilangnya yang bagus”, kata Nda
”maishhh…. enta” (mas, minta)
”dikit aja ya dek, ini manis”, kata ozi (wahahaha, si mas ini memanfaatkan informasi dengan tepat! Adek gak boleh minum terlalu manis untuk menjaga kesehatan gigi. Mas ingat :D)
”he em”, jawab si adek

Tidak jadi ada trantum rebutan es, hihihi… alhamdulillah.

Adek masih terbatas dalam menyusun kalimat. Baru bisa menyusun dari dua kata. Lebih dari itu masih kesulitan. Masih belajar ya Nak. Dan terus belajar ya.

Lanjut esok lagi ya Nak….



#HariKe4
#Tantangan10Hari
#Level2
#KuliahBunsayIIP
#Melatih Kemandirian
#Bunsay4Internasional
#InstitutIbuProfesional

No comments:

Post a Comment

Terbaru

Puasa di Negeri Sakura

Puasa di bulan Ramadhan merupakan ibadah yang selalu dinanti bagi muslim. Bagaimana tidak, bulan ini penuh berkah semua kebaikan ak...

Populer