Oct 6, 2018

Melatih Kemandirian Hari Ke 3


Pada game level ini, skill pertama untuk mas Ozi adalah memakai pakaian dan untuk adek adalah mengutarakan keinginan.

Hari ke 3 mempelajari sub poin skill:
Mas : membedakan pakaian bagian luar dan dalam kemudian membaliknya
Adek : memberikan intonasi dan mimik muka yang sesuai

⭐️Mas

Tadi pagi mengambil beberapa baju terbalik dan meminta mas menyebutkan mana yang luar dan dalam. Mas Zi mengamati baju kemudian tahu mana yang bagian dalam dan luar. Mungkin cukup mudah karena warna dan gambar yang terbalik mudah diidentifikasi. Begitu pun celana, kebanyakan lebih jelas karena beda warna bagian luar dan dalam yang cukup kontras.

Menentukan bagian luar dan dalam alhamdulillah aman. Selanjutnya membaliknya. Ini yang cukup sulit. Mas zi ambil baju kemudian mencoba membalik, tetapi tidak bisa. Dibolak balik, susah. Akhirnya diuwel-uwel bajunya, hehehehe….



Mas Ozi menentukan bagian luar dan dalam pakaian, kemudian membaliknya


Mas terlihat kesal, ”susah Nda, gak usah aja. Nda aja”
”bisa mas. Pelan-pelan” sambil mengambil baju. ”masukkan tangan mas ke lengan bajunya, lalu pegang ujung lengannya, dan tarik”
”susah yo”, Ozi berkata
”coba dulu”

Mas ozi mencoba, memang belum terampil. Tapi akhirnya satu lengan berhasil. Sambil agak kesal doi menarik-narik. ”sudah” katanta sambil berlalu…
”latihan lagi mas zi”
”gak, mau makan roti aja”
Ya sudah, kalau dipaksa malah gak bisa nanti. Siang hari belajar balik celana, lumayan lebih mudah. Alhamdulillah…. Sayangnya pas bangun tidur, doi tantrum karena tidurnya kurang lama sudah dibangunin adek buat main ke koen. Sambil nangis minta ganti baju, gak mau pakai baju sendiri. Sambil dibujuk kalau sambil dibantu aja pakai bajunya. Mau tapi ya sambil merengek. Janjinya nanti kalau mau tidur ganti baju sendiri.

Besok latihan balik baju sambil lanjut ke sub poin berikutnya ya Mas :D


⭐️Adek

Rasanya hari ini adek gak banyak nangis. Paling nangis karena berantem sama masnya. Salah paham. Yang satu pengen jadi pemimpin, yang satu gak mau dipimpin :D

Pagi tadi pas masnya belum bangun, si adek sudah dibisiki untuk bilang bagus-bagus ya hari ini pakai senyuman. Adek sih bilang iya.


Adek mengucapkan permintaan dengan intonasi dan mimik sesuai


”dek, kalau minta mimik bilang bagus-bagus ya”
”he-em”
”sambil senyum ya. Senyumnya adek gimana? ”
Aih…. Si adek melek merem matanya. Itu menurutnya senyum. Hehehehehe. Padahal mah itu bukan.
”gini lho dek” sambil praktek senyum
Si adek masih melek merem aja. Ya sudah, melek meremnya bikin orang senyum orang kok yang penting.
”coba adek bilang, Nda, mimik… sambil senyum ya”
”nda… emek…” sambil merem, hihihihi

Siang pas mau bobok, dilanjut. ”dek, bilangnya pelan-pelan ya. Gak pakai teriak”
”he-em”
”adek jalan dulu dekat Nda, terus bilang ya”
Nda menjauh terus adek coba praktik. Yah… gak jalan doi, tapi lari. Sambil teriak girang ”Nda… emek…”
Hahahaha… belajar sabar ya… lumayan juga sudah ada senyumnya :D


Pada game level ini yang sangat dibutuhkan adalah kesabaran dan konsistensi. Anak sebenarnya punya keinginan belajar, tapi memang kecepatannya berbeda dengan orang dewasa. Harus memilki kesabaran ekstra. Dan konsisensi. Kalau kita sudah membuat perjanjian kalau mau minta sesuatu harus bagus-bagus, maka kalau sambil menangis jangan dituruti. Kita diamkan dulu, kemudian minta anak untuk bilang bagus-bagus. Sulit memang, tetapi inshaAllah usaha tidak akan menghianati hasil, hehehe.....

Alhamdulillah untuk hari ini. Pas ada waktu enak, dicoba lagi pelan-pelan. Semangat :D



#HariKe3
#Tantangan10Hari
#Level2
#KuliahBunsayIIP
#Melatih Kemandirian
#Bunsay4Internasional
#InstitutIbuProfesional

No comments:

Post a Comment

Terbaru

Membaca? Suka ❤❤❤

Ada hal yang lebih sulit dibanding membuat anak suka membaca. Apa itu? Yaitu mempertahankan agar tetap gemar membaca atau bahkan mening...

Populer