Sep 5, 2018

Aktivitas menggambar untuk anak

🎨 Menggambar 🎨🎭
Anak-anak itu unik. Mereka punya keteraturan, tapi juga bosan jika tidak diganti aktivitasnya. Tiap hari sy berpikir apa yang akan sy suguhkan untuk mereka esok. Tapi ternyata
anak-anak lebih punya keinginan mereka sendiri. Punya cara mereka sendiri. Ahh... rasanya hari ini sy harus mulai belajar lagi untuk membaca mereka, apa yang mereka butuhkan dan apa yg mereka mau.
Hari ini ozi ingin menggambar dan mewarnai karena kemarin beli buku gambar. Sy berikan buku gambar, pulpen, penggaris, dan pewarna. Biar dia sendiri yg putuskan mau melakukan apa.
Halaman pertama dicoret-coret sesuka hati. Selanjutnya dia menggunakan penggaris. Dibalik lagi kertasnya. Sekarang garis dibuat lebih bagus. Utuh gambar penggaris bentuk busur. Tak tanya, “itu gambar apa?”. Katanya “singa”.
Ah, mengerut kening sy. Bagaimana mgkn itu singa?
Dia meneruskan. Menambahkan mata, mulut, dan rambut. Kemudian diwarnai. Sambil sesekali melihat sampul buku gambar. Ah! Dia sedang mencoba meniru gambar singa disampul buku
Tertawa sy melihatnya. Kemudian ditambahkan ada pesawat jet yg lewat di depan singa katanya (warna biru). Singanya suka lihat jet. Ah! Kali ini ozi membuat ceritanya sendiri.
Teringat pada tulisan sy baca beberapa minggu lalu tentang lebih baik menggambar dan mewarnai sendiri dibanding hanya mewarnai gambar. Hal ini lebih mengasah keterampilan dan kreativitas anak.
————————————-
Cuplikan di bawah ini adalah tulisan Dewi Utama Fayza yg sy baca dari wall Fb teman.
Jika akses utk mencoret menjadi bentuk tak diwadahi. Proses dari titik, menjadi garis, garis menjadi bidang dan ruang mereka tak paham?
Apa salahnya mulai dibuat program menggambar berkolaborasi. Saya pernah melihat seorang guru menaruh cat di kanvas, kemudian 4 anak saling bekerasama menggambar bentuk sesuai tema yg mrk pilih
Di Jepang anak2 diajak menggambar dg menulis lewat program ENIKKI.
E= GAMBAR
NIKKI= DIARI= JURNAL.
Kekuatan perceiving and drawing ini bagian dari basic literacy (konvensi Praha, 2003, ttg Information Literacy). Lihat, bangsa mereka sangat maju. Infografis di mana2. Takkan kita tersesat karena ada bahasa gambar yg kaya dg peta konsep. Di bidang industri animasi, lahir karya2 genius spt Naruto, dan One Piece. Mereka bangsa yg produktif, berpikir kritis, literat dan beyound literacy.
—————————————-
Karena tertarik dg istilah enikki sy pun menjumpai sebuah tulisan dari http://www.denpasar.id.emb-japan.go.jp/…/konnichiwa13_136.h… bahwa Enikki (絵日記) atau buku harian bergambar ala Jepang. Di buku itu siswa menggambar dan membubuhkan cerita ttg apa yg digambar. Manfaat yang diperoleh antara lain dapat melatih motorik serta daya kreatifitas dan berpikir seorang anak. Hal itu terlihat menyenangkan.
Anda juga bisa membaca beberapa informasi menarik dari link di atas.
———————————————
Sayangnya sy belum mengkonfirmasi apakah enikki masih diterapkan di sekolah Jepang. Tapi sy sempat tahu dari a’dzaky (anak Indonesia yg sekolah di sini). Pernah suatu ketika a’dzaky bertanya hewan apa saja yg hidup di darat. Ternyata itu PR utk anak kelas 6 SD. Sepertinya utk pelajaran biologi. Jawabannya bukan ditulis, tapi DIGAMBAR. Berbagai hewan darat digambar. Wow. Sy sempat heran, kenapa harus digambar? Mungkin jawabannya adalah untuk mengasah keterampilan motorik dibanding hanya ditulis saja. Ketika anak menggambar maka mereka akan tahu bagaimana bentuk kakinya, telinga, badan, dan lain-lain. Hal ini juga lebih meningkatkan kemampuan kognitif juga. Ah, sy jadi penasaran apa kira-kira sajian materi selanjutnya setelah anak menggambar hewan? Akankah dicermati bagaimana morfologi umum hewan darat, air, dan udara? Mengingat hal ini sy merasa banyak hal yg ingin sy kerjakan di sini dan banyak yg belum sy ketahui di sini.
Terima kasih untuk ozi dan arki hari ini telah mengajarkan sy sesuatu. Bahwa bersabarlah, terus sabar, anak akan melakukan sesuatu jika diberikan ruang. Jangan terus mengatur dengan berbagai hal yg menurut sy baik. Hari ini semakin tahu bahwa semakin banyak tidak tahu. Semoga tetap semangat untuk terus belajar.
Sehat-sehat ya Nak, teruslah jd guru untuk Nda 😘
Kanazawa, 27 Agustus 2018

Hasil karya Ozi, 3 tahun

Aktivitas menggambar


No comments:

Post a Comment

Terbaru

Matematika logis? Aku suka!

Alhamdulillah satu lagi level telah dipelajari. Senang dapat ilmu baru. Level 6 ini adalah menstimulasi anak suka matematika. Walaupun k...

Populer